Fungsi Supervisi Pendidikan
Fungsi utama
supervisi pendidikan ditujukan pada perbaikan dan peningkatan kualitas
pengajaran. Baik Franseth Jane, maupun Ayer (dalam Encyclopediaof educational
research: Chester Harris 1958:1442), mengemukakan bahwa fungsi utama supervisi
ialah membina program pengajaran yang sebaik-baiknya sehingga selalu ada usaha
perbaikan.
Fungsi utama
supervisi modern ialah menilai dan memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi
proses pembelajaran peserta didik (Burton & Bruckner 1955:3). Sedangkan
Briggs
Mengungkapkan
bahwa fungsi utama supervisi bukan perbaikan pembelajaran saja, tapi untuk
mengkoordinasi, menstimulasi, dan mendorong ke arah pertumbuhan profesi guru .
Ada analisis yang lebih luas seperti yang dibahas oleh Swearingen dalam buku
nya Supervision of instruction – Foundation and Dimension (1961). Ia
mengemukakan 8 fungsi supervisi :
1.
Mengkoordinasi semua usaha sekolah.
2. Memperlengkapi kepemimpinan sekolah.
3. Memperluas pengalaman – pengalaman guru.
4. Menstimulasi usaha-usaha yang kreatif.
5. Member fasilitas dan penilaian yang terus –menerus.
6. Menganalisis situasi belajar – mengajar.
7. Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap anggota staf.
8. Memberi wawasan yang lebih luas dan terintegrasidalam merumuskan tujuan-tujuan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.
2. Memperlengkapi kepemimpinan sekolah.
3. Memperluas pengalaman – pengalaman guru.
4. Menstimulasi usaha-usaha yang kreatif.
5. Member fasilitas dan penilaian yang terus –menerus.
6. Menganalisis situasi belajar – mengajar.
7. Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap anggota staf.
8. Memberi wawasan yang lebih luas dan terintegrasidalam merumuskan tujuan-tujuan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.
0 komentar:
Posting Komentar