Rabu, 19 November 2014

Sepintas mengenai pengertian Discovery, Invention, Innovation, dan Inovasi pembelajaran

Sepintas mengenai pengertian
Discovery, Invention, Innovation, dan Inovasi pembelajaran
Sebelum kita mengetahui pengertian dari inovasi pembelajaran, ada sarapan wajib yang harus kita ketahui terlebih dahulu, yaitu Discovery, Invention, dan innovation.
“Discovery”, “invention”, dan “innovation” dapat diartikan dalam bahasa Indonesia “penemuan”, maksudnya ketiga kata tersebut mengandung arti ditemukannya sesuatu yang baru, baik sebenarnya barangnya itu sendiri sudah ada sejak lama, kemudian baru diketahui atau memang benar-benar baru dalam arti sebelumnya tidak ada. Demikian pula mungkin hal yang baru itu diadakan dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu. Inovasi dapat menggunakan diskoveri atau invensi. Untuk lebih jelasnya, marilah kita bicarakan ketiga pengertian tersebut satu persatu.
Discovery
Discovery atau diskoveri merupakan suatu penemuan yang telah ada sebelumnya tapi belum diketahui orang kebanyakan. Misalnya penemuan benua Amerika. Sebenarnya benua Amerika itu sudah lama ada, tetapi baru ditemukan oleh Columbus pada tahun 1492, maka dikatakan Columbus menemukan benua Amerika, artinya orang Eropa yang pertama menjumpai benua Amerika.
Invention
Invention atau invansi merupakan suatu hal yang benar-benar baru (new), yang belum pernah ada sebelumnya, benar-benar hasil kreasi manusia yang belum pernah dijumpai/ditemukan. Munculnya ide, atau kreativitas yang baru itu tentu didasarkan pada pengalaman dan pengamatan ataupun hal-hal yang sudah ada tetapi wujud ditemukanyya adalah baru. Misalnya, bahan bakar dari limbah, mode pakaian, ataupun teori belajar, teori pendidikan dsb.
Inovasi
Kata inovatif berasal dari bahasa inggis “innovate” yg artinya memperkenalkan sesuatu yg baru, sedangkan innovative berarti bersifat memperbarui. Selain berasal dari bahasa inggris, Inovasi juga berasal dari bahasa latin “Innovation” yang berarti pembaruan dan perubahan.
Ansyar, Nurtain (1991), menjelaskan bahwa Inovasi adalah gagasan, perbuatan, atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.
Suatu inovasi adalah suatu gagasan untuk memenuhi beberapa sosial pengenalan dan secara baru atau untuk bermakna dalam memenuhi beberapa sosial ( Donald P. Secara e 1982,Seminar pada Perubahan Bidang pendidikan).
Inovasi adalah….. pemilihan yang kreatif, pemanfaatan dan organisasi sumber daya material dan manusia dijalan unik dan baru yang akan menghasilkan dalam pencapaian dari suatu tujuan untuk tingkat yang lebih tinggi prestasi untuk gol yang digambarkan dan sasaran hasil. ( Huberman, 1973:5)
Dari beberapa definisi inovasi yang dibuat para ahli tersebut, dapat diketahui bahwa tidak terjadi perbedaan yang mendasar tentang pengertian inovasi antara satu dengan yang lain. Jika terjadi ketidaksamaan hanya dalam
susunan kalimat atau penekanan maksud, tetapi pada dasarnya pengertiannya sama. Semua definisi tersebut menyatakan bahwa inovasi adalah suatu ide, hal-hal yang praktis, metode, cara, barang-barang buatan manusia, yang diamati atau dirasakan sebagai suatu yang baru bagi seseorang atau kelompok orang
(masyarakat). Hal yang baru itu dapat berupa hasil invensi atau diskoveri, yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah tertentu.
Misalnya, peralatan modern yang saat ini kita pakai itu merupakan suatu inovasi dari peralatan tradisional. Peralatan modern lebih nyaman dan praktis untuk digunakan dan diharapkan dapat memperbaiki kondisi-kondisi social masyarakat.
Sehingga dapat disimpulkan, INOVASI PEMBELAJARAN adalah suatu ide, metode atau cara yang baru dalam bidang pembelajaran yang diadakan dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran atau untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Misalnya, kurikulum 2004 (KBK) yang diganti dengan kurikulum KTSP.
Sedangkan, kebaruan pembelajaran adalah suatu pembaruan dari pembelajaran yang ada yang bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran itu sendiri. Misalnya, metode pembelajaran DDCH diperbaharui dengan menggunakan metode diskusi ataupun belajar sambil bermain, dsb
    ==========================================================.

Pengertian Discovery, Invention, dan Innovation


Discovery, Invention, dan Innovation
”Discovery”,” invention”, dan “innovation” dapat diartikan dalam bahasa Indonesia “Penemuan”, maksudnya ketiga kata tersebut mengandung arti ditemukannya sesuatu yang baru, baik sebenarnya barangnya itu sendiri sudah ada lama kemudian baru diketahui atau memang benar-benar baru dalam arti sebelumnya tidak ada. Demikian pula mungkin hal yang baru itu diadakan dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu. Inovasi dapat menggunakan diskoveri atau invensi. Berikut tentang kejelasannya.
Diskoveri (Discovery) adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, tetapi belum diketahui orang. Misalkan ditemukannya benua Amerika oleh Columbus.
Invensi (Invention) adalah suatu penemuan sesuatu yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia. Benda atau hal yang ditemui itu benar-benar sebelumnya belum ada, kemudian diadakan dengan kreasi yang baru. Misalkan ditemukannya teori belajar, teori pendidikan, teknik pembuatan barang dari plastik, mode pakaian dan sebagainya. Tentu muncul ide atau kreativitas berdasarkan hasil pengamatan, pengalaman, dari hal-hal yang sudah ada, tetapi wujud yang ditemukannya benar-benar baru.
Inovasi (innovation) ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri. Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
Dari definisi tersebut menyatakan inovasi adalah suatu ide, hal-hal yang praktis, metode, cara, barang-barang buatan manusia, yang diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat). Hal yang baru itu dapat berupa hasil invensi atau diskoveri, yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah.

KONSEP DASAR INOVASI PENDIDIKAN


Pengertian Diskoveri (Discoveria), Invensi (Invetion) Dan Inovasi (Innovation)
Kata” inovation”(bahasa indonesia) sering diterjemahkan segala hal yang baru atau pembaharuan ( s. wojowosito,1972) tetapi ada yang menjadikan kata inovation menjadi kata indonesia. inovasi kadang-kadang juga di pakai untuk menyatakan temuan karena hal hal baru penemuan.
”Discovery”,”Invention” dan “Innovation ”dapat di artikan dalam bahasa indonesia penemuan , maksud ketiga kata tersebut mengandung arti di temukan ya sesuatu yang baru baik sebenarya barang itu sendiri sudah ada lama kemudian baru di ketahui atau memang benar-benar baru dalam arti sebenarya tidak ada.
Discoveri (discovery) adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada,tetapi belum di ketahui orang .misalya penemuan benua amerika.sebenarya benua amerika sudah lama ada tetapi baru di temukan oleh columbus pada tahun 1492, maka di katakan columbus menemukan benua amerika artiya orang eropa yang pertama kali menjumpai benua amerika .(donald p,ely,1982 seminar on education chage)
Invensi (invention) adalah suatu penemuan suatu yang benar-benar berarti hasil kreasi manusia .benda atau hal yang di temukan itu benar-benar sebelumya belum ada kemudian di adakan hasil kreasi baru misalnya penemuan teori belajar , teori pendidikan, teknik pembuatan barang dari plastik, mode pakaian dan sebagainya
Inovasi (innovation) ialah suatu ide barang, kejadian, metode yang di rasakan atau di amati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) industri yang sudah modern di antara tanda – tanda masyarakat baik itu berupa hasil invensi maupun discoveri. Inovasi di adakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah tertentu.
Discovery adalah penyingkapan tentang suatu sifat baru dari suatu material atau benda yang sudah dikenal atau sebelumnya sudah ada secara alami.
Invensi (Invention) adalah penemuan berupa ide yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, yang dapat berupa proses atau hasil produksi atau penyempurnaan dan pengembangan proses atau hasil produksi. Invensi dapat dipatenkan, sedangkan discovery tidak. Inovasi : “proses” dan/atau “hasil” pengembangan atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan (memperbaiki) produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru yang memberikan nilai (terutama ekonomi dan sosial) yang berarti (signifikan).

0 komentar:

Posting Komentar

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.

Popular Posts