STRENGTH (KEKUATAN)
A.
Kelembagaan
§ Memiliki
Legalitas Formal diantaranya
Akta Notaris dan Ijin Operasional
dari Kementerian
Agama.
§ Memiliki
organisasi yang jelas didukung oleh organisasi masyarakat berupa KOMITE.
§ Lingkungan
RA berada di lingkungan
komplek pendidikan yayasan.
§ Terakreditasi
B
B.
Sumber Daya Manusia
·
Jumlah tenaga guru memadai yaitu 8 orang sesuai rasio
jumlah murid
·
Guru
memiliki cukup kemampuan
dan pengetahuan tentang pembelajaran Anak Usia Dini
·
Terjalin hubungan yang harmonis di lingkungan guru dengan didasari ikatan emosional dan rasa
persaudaraan yang tinggi
C.
Faktor Kesiswaan
·
Jumlah
peserta didik cukup disesuaikan dengan kapasitas kelas dan jumlah
guru
·
Perhatian dan kepercayaan orang tua
sangat baik terhadap program pembelajaran
·
Kedisplinan siswa dalam belajar dan
berprilaku sangat tinggi
·
Latar belakang peserta didik dari kalangan religius
D.
Dana/ Sarana Prasarana
·
Pernah menerima Bantuan dari pemerintah
untuk APE (Alat Permainan Edukatif), dan mendapat Tunjangan Fungsional untuk guru
·
Memiliki ruang belajar yang cukup mewah, APE luar/dalam.
·
Memiliki ruangan khusus untuk ruang UKS, dapur dan
halaman bermain luas
·
Memiliki
lahan parkir yang luas
E. Proses Pembelajaran
·
Semua guru melaksanakan tugas pembelajaran dengan baik dan
berdasar pada “belajar sambil bermain” sesuai dengan karakteristik dasar anak.
·
Dalam
kegiatan belajar mengajar menggunakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM)
·
Dilengkapi
dengan pembelajaran Jarimatika
F. Hasil
Belajar
·
Lulusan
dari
RA Asysyifa
selalu mendapatkan prestasi
di kelasnya ketika mereka masuk SD atau MI.
WEAKNESS (KELEMAHAN)
A.
Kelembagaan
·
Keamanan sekolah belum maksimal sehingga
sering rusak/hilangnya APE karena sering dipakai oleh warga atau siswa MI yang berada tidak jauh dari lokasi
ruang belajar RA.
·
Keterlibatan
pihak yayasan
yang kurang aktif karena kesibukan masing-masing dan sudah berdomisili di
tempat lain
·
Letak bangunan dan lingkungan RA berada ditengah pemukiman
masyarakat.
B.
Sumber Daya Manusia
·
Status
akademik guru masih ada yang belum S1 dan bukan dari jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
·
Semua
guru belum PNS.
·
Tidak
adanya Staf TU
·
Kerjasama
dengan konsultan anak usia dini belum terjalin.
C.
Faktor Kesiswaan
·
Latar
belakang siswa rata-rata
dari kalangan ekonomi kurang
mampu.
·
Orang tua kebanyakan kurang memahami
sistem pembelajaran RA
sehingga banyak menuntut terhadap sekolah agar anak segera bisa calistung dan
memasukkan
anak mereka ke
MI/SD
sebelum cukup umur
·
Masih ada orang tua yang selalu ingin
masuk ruang belajar
sehingga anak susah untuk belajar mandiri
D.
Dana/ Sarana Prasarana
·
Bantuan orang tua kurang memadai
·
Karena siswa banyak, pada akhirnya alat bermain ataupun media belum cukup sehingga dalam penggunaannya masih harus bergiliran.
E.
Proses Pembelajaran
·
Masih kurang sarana pendukung untuk menyampaikan materi.
·
Belum memiliki media pembelajaran selain
alat elektronik biasa dan komputer
F.
Hasil Belajar
·
Masih ada anak yang belum aktif dan mandiri.
OPPORTUNITY (PELUANG)
A.
Kelembagaan
·
Pendiri
dan pengurus yayasan merupakan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga tokoh
pendidikan yang cukup di kenal sehingga lebih menunjang dalam mencari
kepercayaan orang tua siswa.
·
Yayasan menyelenggarakan beberapa
program pendidikan formal dan non-formal
yang satu sama lain saling mendukung
·
Mendapat kepercayaan dari masyarakat dan
outcome
yang dapat dibanggakan
·
Sudah terakreditasi B
B.
Sumber Daya Manusia
·
Seluruh guru memiliki semangat untuk
maju dan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti
Pelatihan-pelatihan Seminar,Workshop tingkat Nasional, Provinsi atau Kabupaten
·
Berupaya untuk konsisten terhadap tugas dan
pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing-masing
·
Mengembangkan budaya kebersamaan untuk
menjalin hubungan yang selalu harmonis antar personal
C.
Faktor Kesiswaan
·
Jumlah populasi penduduk yang tinggi
akan berpeluang
besar untuk semakin bertambahnya
siswa yang mendaftar
·
Prilaku siswa masih terus dapat diarahkan
untuk memiliki budi pekerti yang lebih baik
·
Karena
memiliki lahan atau area yang cukup luas berpeluang untuk menambah ruang baru
D.
Dana/Sarana dan Prasarana
·
Pendiri
dan pengurus yayasan yang cukup peduli dalam peningkatan sarana dan prasarana.
·
Kepedulian
pemerintah terhadap dunia pendidikan pun cukup menunjang.
E. Proses
Pembelajaran
·
Semua guru mau melaksanakan tugas
mendidik dengan baik dengan berdasar pada program yang dibuat dengan
berorientasi pada karakteristik dasar anak yaitu belajar sambil bermain
F. Hasil
Belajar
·
Tamatan RA Asysyifa menjadi rebutan di SD atau MI yang ada
·
Outcome yang cukup dibanggakan oleh masyarakat.
TREATS (ANCAMAN)
A.
Kelembagaan
·
Semakin menjamurnya pendirian lembaga RA dikarenakan banyak penyelenggara pendidikan yang
berorientasi bisnis sehingga tidak memperhatikan letak atau jarak dari RA lain
.
·
Masih
banyak sebagian oknum yang dengan mudahnya memberikan ijin pendirian
lembaga-lembaga baru dengan tanpa melakukan monitoring atau uji kelayakan
sebelum pemberian ijin operasional RA.
B.
Sumber Daya Manusia
·
Masih ada guru yang lulusan SLTP
tidak bisa melanjutkan pendidikan keguruan karena faktor ekonomi
keluarga
·
Guru-guru yang ada masih dalam usia
produktif yang mempunyai anak kecil sehingga kadang tidak masuk kelas
·
Karena semua guru bukan PNS jadi dengan mudah
minta berhenti karena alasan ikut suami/orang tua
C.
Faktor Kesiswaan
·
Rendahnya tingkat pendidikan /
pengetahuan masyarakat sehingga kurang memahami pentingnya Pendidikan Anak Usia
Dini
·
Banyaknya pedagang yang mendekati area
sekolah menjajakan makanan yang kurang sehat (di khawatirkan menggunakan zat
kimia yang berbahaya untuk kesehatan anak-anak)
D.
Dana/ Sarana Prasarana
·
Belum memiliki ruang khusus lab
·
Bangunan
kelas secara keseluruhan masih di pergunakan serbaguna
·
APE dalam (indoor) cukup
E. Proses
Pembelajaran
·
Masih kekurangan media pembelajaran dan sarana pendukung
untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik
F. Hasil
Belajar
·
Masih ada orang tua yang memaksakan anak
masuk SD/MI
sebelum usianya memadai
·
Masih ada anak yang keluar dari RA/
KOBER yang tamat belum sesuai dengan standar kelulusan.
VISI
DAN MISI RA ASYSYIFA JAMANIS TASIKMALAYA
a. Visi
Menjadi RA yang dapat mewujudkan lulusan atau kader
yang unggul, taqwa, dan berprestasi.
Indikator Visi :
1.
Terwujudnya
kader umat yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal
melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan atau hidup mandiri.
2.
Terwujudnya
kader umat yang mampu menjalankan ajaran agama.
b. Misi
1.
Menyelenggarakan
pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
2.
Mewujudkan
pembelajaran dan pembiasaan dalam menjalankan ajaran agama.
3.
Menyelenggarakan
tata kelola RA yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
4.
Menumbuhkan
motivasi belajar melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
5.
Melatih
kemandirian dan sikap social anak.
6.
Mengembangkan
kemampuan, bakat dan minat anak.
STRATEGI DAN
TUJUAN RA ASYSYIFA
Strategi
:
1.
Pelaksanaan Pelatihan, Workshop, dan Seminar bagi tenaga
pendidik dan kependidikan
dalam rangka meningkatkan kualitas belajar mengajar di RA Asysyifa.
2.
Pelaksanaan bimbel bagi peserta didik yang kurang dalam prestasi dan kemampuannya.
3.
Melakukan
observasi atau study banding ke RA lain
4.
Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bisa merangsang kreatifitas
anak atau peserta didik.
5.
Melakukan diskusi rutin sesama guru sebagai bentuk
evaluasi diri.
6.
Membangun kemitraan dengan organisasi profesi, yayasan, dan instansi terkait
7.
Membangun komitmen antara tenaga pendidik dan kependidikan
untuk meningkatkan profesionalisme.
Tujuan
:
1.
Mempersiapkan
generasi muslim yang cerdas, mandiri dan berakhlaqul karimah.
2.
Membentuk
siswa yang berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3.
Tercapainya
program-program RA.
4.
Terlaksananya
kehidupan RA yang mudah dan menyenangkan.
5.
Menghasilkan
lulusan yang berkualitas, berpengetahuan, rajin ibadah, cerdas, produktif,
jujur, adil,disiplin, toleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan
social, dan bertaqwa kepada Alloh SWT.
TUGAS
ANALISIS SWOT
Diajukan untuk Memenuhi
MATA KULIAH MANAGEMEN STRATEGIK DALAM PENDIDIKAN
Dosen :
DR.ENAS,.MM
Oleh :
adam wahid pramulyana
NIM. 82321213062
Kelas 13 c
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
SISTEM PENDIDIKAN
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
2012
sangat membantu saya yang ikut diklat
BalasHapusAlhamdulillah sangat membantu,nuhun...
BalasHapusalhamdulillah sangat membantu dalam tugas kuliah
BalasHapus