Kata Motivasi
Translate
Pages
Cari Blog Ini
Jumlah Pengunjung
Senin, 01 Desember 2014
sistem pembelajaran
Published :
00.52
Author :
adam_aprilian
KONSEP DASAR SISTEM PEMBELAJARAN
1. Pengertian Sistem
Sistem merupakan satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem mempunyai tiga ciri, yaitu:
1. Setiap sistem memiliki tujuan
2. Setiap sistem memiliki fungsi
3. Setiap sistem memiliki komponen
Ada beberapa sifat komponen dalam suatu sistem, yaitu:
1. Dilihat dari fungsinya, ada sistem yang bersifat integral, yaitu sistem yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sistem itu sendiri. Dan sistem yang bersifat tidak integral, yaitu sistem yang bersifat pelengkap.
2. Setiap komponen dalam suatu sistem saling berhubungan atau saling berinteraksi, saling mempengaruhi dan saling berkaitan.
3. Setiap komponen dalam sistem merupakan keseluruhan yang bermakna
4. Setiap komponen dalam sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar
2. Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran adalah suatu kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
1. Manusiawi ; guru, siswa, serta orang-orang yang mendukung pembelajaran
2. Material; berbagai bahan pelajaran yang dapat disajikan sebagai sumber belajar
3. Fasilitas dan perlengkapan; segala sesuatu yang dapat mendukung terhadap jalannya proses pembelajaran
4. Prosedur; kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran.
Dengan demikian, tugas seorang desainer pembelajaran meliputi tiga hal sebagai berikut:
1. Sebagai perencana, yaitu mengorganisasikan semua unsur supaya berfungsi dnegan baik
2. Sebagai pengelola implementasi sesuai dengan prosedur dan jadwal yang telah ditentukan.
3. Mengevaluasi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
B. MANFAAT PENDEKATAN SISTEM DALAM PEMBELAJARAN
Merencanakan pembelajaran dengan pendekatan sistem memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:
1. Melalui pendekatan sistem, arah dan tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas.
2. Pendekatan sistem menuntun guru pada kegiatan yang sistematis
3. Pendekatan sistem dapat merancang pembelajaran dengan mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang tersedia.
4. Pendekatan sistem dapat memberikan umpan balik.
C. KOMPONEN SISTEM PEMBELAJARAN
Komponen sistem pembelajaran terdiri dari:
1. Siswa
Proses pembelajaran pada hakekatnya diarahkan untuk membelajarkan siswa agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga siswa harus dijadikan sebagai pusat dari segala kegiatan.
2. Tujuan
Tujuan adalah komponen terpenting dalam pembelajaran setelah komponen siswa sebagai subjek belajar. Dalam dunia pendidikan, persoalan tujuan merupakan persoalan tentang visi dan misi lembaga pendidikan itu sendiri. Tujuan yang lebih umum diturunkan kepada tujuan yang lebih spesifik. Tujuan khusus yang direncanakan guru meliputi:
1. Pengetahuan, informasi, serta pemahaman sebagai bidang kognitif.
2. Sikap dan apresiasi sebagai bidang afektif
3. Berbagai kemampuan sebagai bidang motorik
3. Kondisi
Kondisi adalah berbagai pengalaman belajar yang dirancang agar siswa dapat mencapai tujuan khusus seperti yang telah dirumuskan. Pengalaman belajar harus mendorong siswa supaya aktif baik secara fisik maupun nonfisik.
4. Sumber-sumber belajar
Sumber belajar berkaitan dengan segala sesuatu yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengalaman belajar, yang meliputi lingkungan fisik dan fersonal. Desainer harus mampu menentukan sumber belajar apa dan bagaimana cara memanfaatkannya.
5. Hasil belajar
Hasil belajar berkaitan dengan pencapaian dalam memperoleh kemampuan sesuai dengan tujuan khusus yang direncanakan. Tugas utama dalam hal ini adalah merancang instrumen yang dapat mengumpulkan data tentang keberhasilan siswa mencapai tujuan pembelajaran.
D. KRITERIA DAN VARIABEL-VARIABEL YANG DAPAT MEMPENGARUHI
SISTEM PEMBELAJARAN
1. Hasil belajar sebagai kriteria keberhasilan sistem pembelajaran
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek, yakni aspek proses dan aspek produk. Keberhasila pembelajaran dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran. Keberhasilan seperti ini cenderung mengkerdilkan makna pembelajaran itu sendiri.
2. Variabel yang berpengaruh terhadap keberhasilan sistem pembelajaran
Hal-hal yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sitem pembelajaran diantaranya adalah:
a. Faktor guru
Dalam sistem pembelajaran, guru berperan sebagai perencana (planer) atau desainer (desainer) pembelajaran, sebagai implementator atau mungkin sebagai keduanya. Dalam melaksanakan perannya sebagai implementator rencana dan desain pembelajaran bukan hanya berperan sebagai model atau teladan bagi siswa yang diajarinya akan tetapi juga sebagai pengelola pembelajaran. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas guru (Dunkin, 1974).
1. Teacher formative experience, meliputi jenis kelamin dan semua pengalaman hidup guru yang menjadi latar belakang sosial mereka.
2. Teacher training experience, meliputi pengalaman-pengalaman yang berhubungan dengan aktifitas dan latar belakang pendidikan guru.
3. Teacher properties, adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sifat yang dimiliki oleh guru.
b. Faktor Siswa
Faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dari aspek siswa terdiri dari:
1. Pupil formative experience, jenis kelamin dan latar belakang kehidupan sosial siswa.
2. Pupil properties, segala seuatu yang berhubungan dengan sifat yang dimiliki oleh siswa.
c. Faktor sarana dan prasarana
Sarana adalah segala sesuatu yang secara langsung mendukung kelancaran proses pembelajaran. Sedangkan prsarana adalah segala sesuatu yang tidak langsung mendukung kelancaran proses pembelajaran. Terdapat beberapa keuntungan bagi lembaga pendidikan yang memiliki kelengkapan sarana dan prasarana, yaitu:
1. Dapat menumbuhkan motivasi dan gairah guru dalam mengajar
2. Dapat memberikan berbagai pilihan pada siswa untuk belajar.
d. Faktor lingkungan
Dilihat dari lingkungan, ada dua faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran, yaitu:
1. Faktor organisasi kelas
Faktor ini meliputi jumlah siswa dalam suatu kelas. organisasi kelas yang terlalu besar kurang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran, sehingga kelas cenderung:
1. Sumber daya kelompok akan bertambah luas sesuai dengan jumlah siswa sehingga waktu yang tersedia semakin sempit.
2. Kelompok belajar akan kurang mampu memanfaatkan dan menggunakan semua sumber daya yang ada.
3. Kepuasan belajar siswa cenderung akan menurun
4. Perbedaan individu antar anggota akan semakin nampak, sehingga akan semakin sukar mencapai kesepakatan.
5. Anggota kelompok yang terlalu banyak cenderung akan memaksa sebagian besar siswa menunggu.
6. Anggota kelompok yang terlalu banyak cenderung siswa kurang aktif dan berpartisifasi dalam belajar.
2. Faktor iklim sosial-psikologis
Faktor sosial-psikologis adalah keharmonisan hubungan antar orang yang terlibat dalam proses pembelajaran. Iklim ini terjadi secara internal (dalam sekolah ) dan eksternal (dengan dunia luar sekolah).
Sumber :
Sanjaya, Wina (2008), Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Miada Group
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Posts
-
STR E NGT H (KEKUATAN) A. Kelembagaan § Memiliki Legalitas Formal diantaranya Akta Notaris dan Ijin Op e rasional dari ...
-
Text 1 After her husband had gone to work, Mrs. Richard sent her children to school and went upstairs to her bedroom. She was too excited to...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Salah satu persoalan pendidikan yang sedang dihadapi bangsa kita adalah persoalan mutu pendidikan ...
-
Pendekatan Berbasis Teks (A text-based Approach) Implementasi Pendekatan Berbasis Teks (A text-based Approach) Dalam Pengajaran Jenis-jenis...
-
KONSEP DASAR SISTEM PEMBELAJARAN 1. Pengertian Sistem Sistem merupakan satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan un...
-
SAKSIKANLAH ALLAH DALAM SEGALA SESUATU انما يستوحش العباد والزهاد من كل شيء لغيبتهم عن الله في كل شيء فلو شهدوه في كل شيء لم يستوحشوا من ش...
-
CONTOH SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS (SPMT) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS (SPMT) Yang bertanda tangan di bawah ini, ...
-
EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN MAKALAH Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan da...
-
STUDI TENTANG PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA DALAM PENINGKATAN MUTUSTUDI TENTANG PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA DALAM PENINGKATAN MUTU Disusun Untuk Me...
Time Now
Mengenai Saya
Arsip
-
▼
2014
(156)
-
▼
Desember
(138)
- contoh jurnal
- permen nomor 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan k...
- contoh proposal tesis kepala sekolah dan motivasi ...
- juknis pendirian madrasah
- pesantren
- beasiswa s2
- bantuan pendidikan
- contoh makalah
- contoh proposal kepmimpinan mbs terbaru
- contoh renstra
- filsafat
- juklak bos
- pengertian recount tex
- contoh recount text
- pengertian hortatory exposition text dan contoh
- penjelasan dan contoh analytical exposition
- contoh penjelas tentang descriptive text
- contoh abstrak
- contoh makalah mutu pendidikan
- contoh sk
- belajar bahasa arab
- Types Of Text (Jenis Teks Bahasa Inggris)
- kurikulum 2013 di hentikan
- kepegawaian pangandaran
- tugas prof akhdon
- tugas kepemimpinan
- contoh makalah
- tugas prof toto
- TUGAS DR ENAS
- TUGAS DR ENAS
- peran kepemimpinan
- contoh tesis
- bagamana berfikir kritis
- uts prof suherli
- uas prof udin
- uas manajemen strategik dalam pendidikan
- contoh soal bahasa inggris
- genre
- contoh kekuatan
- juknis bantuan
- CONTOH SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS (SPMT)
- contoh surat pernyataa menduduki jabatan
- contoh soal uas sma kelas x
- contoh soal bahasa inggris kelas x
- bagaimana pola rekruitmen kepala sekolah
- Noun Phrases
- bagaimana rosul mendidika anaknya
- contoh surat kehilangan
- zakat
- emis
- pengertian simple past tense
- relative pronoun
- pendekatan gba
- artikulasi
- kwitansi bora
- mbs
- konsep dasar inovasi
- kompensasi
- ciri-ciri orang jujur
- kkg
- juknis bantuan
- inovasi pendidikan
- instrumen monitoring
- info kemenag hindari korupsi
- Giving, accepting and refusing invitation expression
- sdm
- Tingkatkan Pemahaman Konstitusi di Pesantren, Keme...
- Expression Of Surprise
- expressing
- implementasi rpp
- emaslim
- definisi rekrutmen
- definisi inovasi
- makalah sdm pendidikan
- perran tik dalam pendidikan
- makalah tik
- contoh pidato bahasa inggris
- conditional sentence
- cara membuat cv
- inovasi pendidikan
- igra
- angket wawancara tesis
- metode pelitian tesis
- Penelitian Manajemen Keuangan Pendidikan Terhadap ...
- Bagaimana membuat diri Anda Bahagia?
- Apakah kepemimpinan itu?
- pernikahan
- analisis swot
- analisis swot
- ANALISA SWOT MANAJEMEN STRATEGIS Oleh : Dr. Ena...
- analisis swot
- analisis swot
- renungan
- PENGGUNAAN TIK DALAM MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN Pro...
- inovasi
- inovasi pendidikan Dr. H. KUSNANDI, Drs., MM., M.Pd.
- sekolah efektif
- analis renstra
- makalah prof udin s
- teori belajar prof toto
-
▼
Desember
(138)
0 komentar:
Posting Komentar