Senin, 01 Desember 2014

analis renstra

ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIK MADRASAH A. Visi dan Misi Madrasah • Visi Visi MAN Cipasung adalah “Unggul, Taqwa dan berMasyarakat (UTAMA)” Indikator Visi:  Terwujudnya kader ummat yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan atau hidup mandiri.  Terwujudnya kader ummat yang mampu menjalankan ajaran agama secara utuh  Terwujudnya kader ummat yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat • Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik 2. Mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam menjalankan ajaran agama secara utuh. 3. Mewujudkan pembentukan karakter ummat yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat. 4. Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan 5. Menjadikan Madrasah Aliyah Negeri Cipasung sebagai madrasah model dalam pengembangan pembelajaran imtaq dan iptek 6. Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel • Motto : Nyantri, Nyeni, Nyakola Nyantri : Berperilaku dengan berpegang kepada nilai-nilai Islam Nyeni : Berperilaku dan memiliki nilai-nilai estetika yang tinggi serta kesantunan dan kehalusan perasaan Nyakola : Berperilaku dan bersikap ilmiah serta menjunjung tinggi nilai-nilai akademis dan intelektualitas B. Tujuan Sekolah, Program Strategis, Strategi Pelaksanaan,dan Hasil yang Diharapkan Tujuan Sekolah Program Strategis SNP Strategi Pelaksanaan/Program Hasil yang Diharapkan 1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi yang berkualitas (umum dan agama) 1. Meningkatkan kualitas PBM 2. Meningkatkan motivasi dan disiplin pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik 3. Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan 4. Memenuhi tenaga pendidik dan kependidikan Standar proses Standar Kelulusan , Standar Sarana Standar Pendidik dan tenaga kependidi-kan; Standar pengelola-an Standar Pendidik dan tenaga kependidi-kan; Standar pengelola-an Standar pengelola-an 1. Pembinaan profesi secara berkala 2. Proses pembelajaran yang kontekstual (CTL) 3. Pemantapan mata pelajaran yang di-UN-kan 4. Menyediakan buku sumber bagi setiap peserta didik 5. Menyediakan media pembelajaran yang memadai 6. Mengoptimalkan penggunaan lab. IPA, Bahasa, Komputer dan koneksi internet. 7. Mengupayakan pengadaan lab. IPS, Matematika dan PAI 8. Penggunaan white board di tiap kelas 9. Membuat kebun botani 1. Mengimplementasi-kan tata tertib secara konsekuen 2. Melaksanakan system reward and punishment 3. Mengoptimalkan fungsi piket 4. Briefing 5. Menyelenggarakan Pelatihan ESQ, Team Building dan AMT 1. Mengurangi jumlah guru yang missmatch 2. MGMP, Penataran dan pelatihan bagi pendidik 3. Mencari peluang bagi pendidik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 atau S3) 4. Pelatihan operator komputer bagi tenaga pendidik dan TU 5. Pelatihan operator lab. Bahasa bagi pendidik mata pelajaran bahasa 6. Optimalisasi supervisi oleh kepala madrasah dan pengawas 7. Meningkatkan kemampuan pendidik dalam penilaian proses dan hasil belajar peserta didik (kognitif, afektif dan psikomotor) 8. Optimalisasi peran dan fungsi komite madrasah 9. Optimalisasi peran dan fungsi Wakamad, BK & staf TU 10. Mengirim guru untuk magang di sekolah unggulan Mengupayakan tambahan tenaga pendidik dan kependidikan yang diperlukan • Meningkatnya kualitas dan kuantitas lulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi yang berkualitas (umum dan agama) (50 % pada tahun 2011) • Meningkatnya nilai rata-rata UN peserta didik menjadi 7,0 dan pencapaian SKBM 100%, tahun 2011 • Meningkatnya etos kerja, motivasi dan tanggug jawab pendidik & tenaga kependidikan • Terealisasinya fasilitasi pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan oleh madrasah • Tecapainya kebutuhan ideal akan tenaga pendidik & tenaga kependidikan 2. Mengembangkan potensi akademik dan non akademik peserta didik Mengembangkan kurikulum intra dan ekstra Standar Isi Standar pembiaya-an 1. Workshop, evaluasi, inovasi dan penyusunan KTSP setiap akhir tahun ajaran dengan dukungan komite madrasah dan mitra madrasah 2. Mengembangkan kurikulum yang berbasis keunggulan lokal mengintegrasikan kecakapan hidup dan antisipatif terhadap perkembangan global 3. Membentuk Tim Pembina Olimpiade untuk setiap mata pelajaran (Matematika, IPA dan Komputer) 4. Mengefektifkan kegiatan ekstra yang sudah ada (olahraga, kesenian, keagamaan, dan organisasi siswa) 5. Penambahan jenis ekstrakurikuler (hafalan qur’an, keterampilan pembenihan ikan, service alat elektronik, tata boga, English club) 6. Mengikutsertakan dalam berbagai lomba (akademik dan non akademik), baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun tingkat nasional. 7. Mengadakan seminar, pameran, bazar dan apresiasi hasil karya siswa setiap akhir tahun 8. Mengikutsertakan dalam seleksi pertukaran pelajar antar bangsa 9. Optimalisasi peran dan fungsi Pembina kegiatan siswa Mengupayakan tambahan sumber pembiayaan madrasah dari pihak lain selain pemerintah dan orang tua siswa Terealisasinya pengembangan potensi akademik dan non akademik peserta didik 3. Memberikan keterampilan hidup yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Mengintegrasikan keterampilan hidup dalam pembelajaran Standar Proses; standar isi 1. Penyusunan RPP yang mengintegrasikan keterampilan hidup, (akademik, personal, sosial) 2. Mengimplementasikan RPP yang mengintegrasikan keterampilan hidup (akademik, personal, sosial) 3. Penambahan jenis ekstrakurikuler yang mengembangkan jenis vocational skill (keterampilan pembenihan ikan, elektro, service alat elektronik dan tata boga) Peserta didik memiliki keterampilan hidup yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat 4. Mewujudkan kehidupan yang religius di lingkungan madrasah yang ditandai oleh perilaku shalih, ikhlas, tawadhu, kreatif dan mandiri 1. Meningkatkan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan kesalehan individual dan sosial 2. Meningkatkan pemahaman keagamaan di lingkungan madrasah 3. Melengkapi sarana dan prasarana peribadatan Standar Proses Standar Sarana 1. Merevisi media program BaIK (Bacaan Iftitah Kelas) 2. Mengoptimalkan Program Ibadah Berjenjang 3. PHBI dengan metoda internalisasi 4. Mengadakan “kencleng” jum’at dan jum’at bersih 5. Mengadakan pelatihan ESQ, AMT dan kewirausahaan 6. Mengoptimalkan Program pengabdian masyarakat 1. Kerjasama dengan pesantren dan masyarakat sekitar madrasah dalam kegiatan keagamaan 2. Mengadakan kegiatan bathsul masa’il, nadwah lughoh, kajian kitab kuning dan MTQ 3. Mengikuti lomba-lomba keagamaan (MTQ, pidato, MQK, Syarhil Qur’an, dll) 1. Melengkapi sarana mushola 2. Mendirikan masjid yang representatif 3. Penggalangan dana dari dalam dan luar madrasah Terwujudnya kehidupan yang religius di lingkungan madrasah yang ditandai oleh perilaku shalih, ikhlas, tawadhu, kreatif dan mandiri 5. Mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan Imtaq dan Iptek 1. Melaksanakan pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi 2. Menambah fasilitas yang mendukung terselenggaranya pembelajaran yang terintegrasi antara Imtaq dan Iptek Standar Proses; Standar Sarpras Standar proses; pengelola-an; Sarpras; 1. Menyusun model pembelajaran IPA (matematika, fisika, kimia, biologi) yang terintegrasi dengan PAI 2. Pelatihan operator komputer bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan 3. Optimalisasi koneksi internet 4. Melengkapi VCD pembelajaran yang interaktif 1. Kompilasi ayat-ayat yang berhubungan dengan Iptek 2. Pembentukan team teaching guru umum dan agama 3. Penambahan sarana komputer Terealisasinya model pembelajaran yang mengintegrasikan Imtaq dan Iptek 6. Melaksanakan komputerisasi administrasi madrasah Pelaksanaan komputerisasi administrasi madrasah secara bertahap Standar pengelola-an Implementasi program; - SABN untuk administrasi sarana - SAKPA untuk anggaran rutin - Entri data NISN, NUPTK - Akademik 2000 untuk administrasi keuangan - PAS untuk administrasi siswa yang dilaksanakan secara bertahap Terlaksananya komputerisasi administrasi madrasah 7. Menyediakan keberagaman layanan pendidikan dan upaya pengembangan madrasah 1. Penyelenggaraan program kelas unggulan 2. Kerjasama dengan sekolah unggul untuk peningkatan mutu dan pengembangan madrasah Standar pengelola-an 1. Sosialisasi Program kelas unggulan 2. Penyusunan kurikulum kelas unggulan 3. Penyusunan mekanisme pelaksanaan kelas unggulan 1. Studi banding ke sekolah unggul dalam dan luar negeri 2. Searching di internet tentang info peluang professional exchange / student exchange ke luar negeri 3. Merintis kerjasama untuk kegiatan peningkatan mutu dengan sekolah dan Perguruan tinggi yang berkualitas (dalam/luar negeri) 4. Penjajagan untuk Twinning program dengan sekolah unggulan (dalam / luar negeri) 5. Rintisan menuju madrasah berstandar internasional Terakomodasi potensi siswa secara beragam Tercapainya pengembangan madrasah yang berstandar nasional / internasional Cipasung, April 2012 Kepala MAN Cipasung, Drs. H. A. BADRUZZAMAN, M.Pd. NIP. 19530206 199003 1 001

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts