Kata Motivasi
Translate
Pages
Cari Blog Ini
Jumlah Pengunjung
Senin, 01 Desember 2014
tulang ikan
Published :
00.29
Author :
adam_aprilian
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
TUGAS AKHIR SEMESTER 1
TAHUN AKADEMIK 2010/2011
Mata Kuliah : Manajemen Mutu dalam Sistem Pendidikan
Dosen : Prof. Dr. H. Djam’an Satori, MA.
MANAJEMEN MUTU STRATEGIS
1. Analisis Stake Holder Pendidikan
Mengidentifikasi dan Menganalisa Stakeholder MAN Cipasung
Kategori
Stakeholder Sub
Kelompok Besaran / Ukuran Pengaruh Potensial thd Upaya Peningkatan Hambatan dan Cara Mengatasi
Lokasi/ Kelompok Pengaruh & Sikap thd Masalah
Penerima Kegiatan Siswa besar besar Besar Kemauan belajar, dg cara pemberian motivasi
Guru sedang besar Besar Cara mengajar, absensi, dg cara pelatihan, penerapan sanksi
TU kecil kecil Kecil Pelayanan terhadap siswa, masih lambat, membuat system yang lebih cepat
Pengambil Keputusan Kepala Sekolah kecil besar Besar Pengambilan keputusan yg tidak cepat, membuat system yang lebih cepat
Yayasan kecil besar Besar Pengambilan keputusan yg tidak cepat, membuat system yang lebih cepat
Rekan Kerja/\Mitra Dinas Pendidikan kecil besar Besar Informasi kebijakan sering datang telat
Orang tua murid besar besar Besar Permintaan informasi anaknya lebih mudah diakses, pembuatan web yang mudah diakses
Alumni besar kecil Kecil Belum memilki data alumni. Membuat pertemuan alumni
Penerbit kecil kecil Kecil Kualitas tulisan yg kadang rendah, cari penerbit lain
Komite kecil besar Besar Tidak banyak kegiatan, dg cara meminta lebih aktif utk mengadakan kegiatan siswa
Tokoh Masyarakat kecil kecil Kecil Belum terlalu dilibatkan dlm kegiatan, dg cara mengundang pada acara yg berlangsung disekolah ( seperti mauled )
Wartawan kecil kecil Kecil Kadang ada wartawan bodrek ( yg hanya meminta uang), lebih diseleksi dalam menerimanya
Keamanan / polisi kecil kecil Kecil Kadang ada polisi yg hanya meminta uang, lebih diseleksi dalam menerimanya
Pesaing Sekolah swasta Besar besar Besar Membuat keunggulan baru, dg cara meningkatkan potensi yg blm ada di sekolah lain
Sekolah negeri besar besar Besar Membuat keunggulan baru, dg cara meningkatkan potensi yg blm ada di sekolah lain
2. Tujuan yang akan dicapai (Indikator Empirik Ketercapaian)
PROFILE
MAN CIPASUNG TASIKMALAYA
A. Tujuan MAN Cipasung
a. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi yang berkualitas (umum dan agama)
b. Mengembangkan potensi akademik dan non akademik peserta didik
c. Memberikan keterampilan hidup yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
d. Mewujudkan kehidupan yang religius di lingkungan madrasah yang ditandai oleh perilaku shalih, ikhlas, tawadhu, kreatif dan mandiri
e. Memfasilitasi pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan
f. Mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan Imtaq dan Iptek
g. Melaksanakan komputerisasi administrasi madrasah
B. Visi, Misi MAN Cipasung
a. Visi MAN Cipasung adalah “Unggul, Taqwa dan berMasyarakat (UTAMA)”
Indikator Visi:
a. Terwujudnya kader ummat yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan atau hidup mandiri.
b. Terwujudnya kader ummat yang mampu menjalankan ajaran agama secara utuh
c. Terwujudnya kader ummat yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat
b. Misi
a. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik
b. Mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam menjalankan ajaran agama secara utuh.
c. Mewujudkan pembentukan karakter ummat yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat.
d. Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan
e. Menjadikan Madrasah Aliyah Negeri Cipasung sebagai madrasah model dalam pengembangan pembelajaran imtaq dan iptek
f. Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel
c. Motto
Motto MAN Cipasung : “ Nyantri, Nyeni , Nyakola”
Nyantri : Berprilaku dengan berpegang kepada nilai-nilai Islami
Nyeni : Berprilaku dan memiliki nilai-nilai estetika yang tinggi kesantunan dan kehalusan perasaan
Nyakola : Berprilaku dan bersikap ilmiah serta menjunjung tinggi nilai-nilai akademis dan intelektualitas
3. ANALISA SWOT MAN CIPASUNG
A. Strengths (kekuatan)
1. Komitmen yang kuat dari manajemen untuk membangun sekolah yang berkualitas
2. Tercipta persepsi publik yang baik terhadap fasititas dan tata letak gedung yang ada
3. Terdapat variasi dan model pengajaran yang terus diperbaharui
4. Memiliki jumlah siswa yang relatif banyak
5. Biaya sekolah kompetitif dibanding sekolah lain
6. Memiliki kultur perusahaan dengan semangat kerjasama dan kekeluargaan yang tinggi
7. Tempat yang mudah di jangkau dari berbagai arah
8. Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang kompeten, handal dan professional, dengan latar belakang pendidikan sarjana ( S1 ), dan Megister ( S2 )
9. Lingkungan sekolah yang asri, alami, aman dan nyaman
10. Berada di komplek pondok pesantren
B. Weaknesses (kelemahan)
1. Penurunan jumlah siswa dari tahun ke tahun
2. Belum memiliki bagian pemasaran dan humas yang profesional
3. Belum dibuat rencana promosi yang berkelanjutan
4. Karyawan belum sepenuhnya berkepribadian menarik dan profesional
5. Loyalitas dan kepatuhan sebagian karyawan masih rendah
6. Pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan masih lemah
7. Belum memiliki prosedur operasional yang standar dan mudah dipahami karyawan
8. Belum memiliki ukuran-ukuran standar kinerja untuk fasilitas, proses kerja, dan aktivitas yang mendukung terciptanya kepuasan pelanggan
9. Belum terbentuknya kelompok kerjasama antara karyawan dan manajemen
10. Manajer yang kurang cakap,tidak tegas dan tidak punya fisi,misi yang jelas dan terarah
C. Opportunities (peluang)
1. Imej yang baik dari masyarakat sebagai sekolah yang disiplin
2. Adanya kesempatan menjadi sekolah standar Internasional
3. Adanya kesempatan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi terkemuka di Mesiar & yordania
4. Hubungan yang baik dengan dinas pendidikan dan direktorat pendidikan menengah KEMENTRIAN AGAMA
5. Adanya hubungan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi termasuk Universitas Maranata
6. Adanya kerjasama dengan beberapa sponsor yang dapat mendanai kegiatan-kegiatan eskul
7. Adanya hubungan kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Kepolisian
D. Threats (Ancaman)
1. Banyaknya sekolah negeri dan swasta yang dibangun di Tasikmalaya
2. Keinginan Konsumen yang terus meningkat pada sarana dan mutu pendidikan
3. Posisi tawar menawar yang semakin meningkat dari pesaing
4. Semakin tingginya standar kelulusan siswa yang ditentukan pemerintah
5. Kebijakan kurikulum yang selalu berubah-ubah
6. Hubungan Sekolah dan Pesantren yang kurang romantis
MATRIKS SWOT MAN CIPASUNG
KEKUATAN ( S )
1. Komitmen yang kuat dari manajemen untuk membangun sekolah yang berkualitas
2. Tercipta persepsi publik yang baik terhadap fasititas dan tata letak gedung yang ada
3. Terdapat variasi dan model pengajaran yang terus diperbaharui
4. Memiliki jumlah siswa yang relatif banyak
5. Biaya sekolah kompetitif dibanding sekolah lain
6. Memiliki kultur perusahaan dengan semangat kerjasama dan kekeluargaan yang tinggi
7. Tempat yang mudah di jangkau dari berbagai arah
8. Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang kompeten, handal dan professional, dengan latar belakang pendidikan sarjana ( S1 ), dan Megister ( S2 ), .
9. Lingkungan sekolah yang asri, alami, aman dan nyaman
10. Terletak dikomplek Ponpes KELEMAHAN ( W )
1. Penurunan jumlah siswa dari tahun ke tahun
2. Belum memiliki bagian pemasaran dan humas yang khusus
3. Belum dibuat rencana promosi yang berkelanjutan
4. Karyawan belum sepenuhnya berkepribadian menarik dan profesional
5. Loyalitas dan kepatuhan sebagian karyawan masih rendah
6. Pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan masih lemah
7. Belum memiliki prosedur operasional yang standar dan mudah dipahami karyawan
8. Belum memiliki prosedur pelatihan karyawan sebagai bagian dari pekerjaan dan sistem pengembangan (promosi) karyawan
9. Belum memiliki ukuran-ukuran standar kinerja untuk fasilitas, proses kerja, dan aktivitas yang mendukung terciptanya kepuasan pelanggan
10. Manajer yang kurang profesional
PELUANG ( O )
1. Imej yang baik dari masyarakat sebagai sekolah yang disiplin
2. Adanya kesempatan menjadi sekolah standar Internasional / nasional dengan menggunakan sitem SKS dan moving class
3. Adanya kesempatan bekerjasama dengan PT di Mesir dan Yordaniai
4. Hubungan yang baik dengan dinas pendidikan dan direktorat pendidikan Madrasah KEMENTRIAN AGAMA
5. Adanya hubungan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi termasuk Universitas Maranata
6. Adanya kerjasama dengan beberapa sponsor yang dapat mendanai kegiatan-kegiatan eskul
7. Adanya hubungan kerjasama dengan Koperasi dan Kantin Sekolah
STRATEGI S – O
1. Terus menjaga disiplin siswa dan guru dalam waktu, seragam, dan pengajaran
2. Terus melengkapi fasilitas sekolah, baik yang berhubungan dengan fisik maupun non fisik untuk menuju Sekolah Standar Nasional
3. Melakukan penjajagan kerjasama sekolah luar negeri dengan bantuan dari Alumni
4. Membuat perancangan pelatihan guru-guru dan siswa, yang dapat difasilitasi oleh universitas
5. Membuat perancangan kegiatan siswa yang dapat didanai oleh sponsor
6. Membuat Koperasi dan Kantin pelajar, sebagai bentuk pengajaran dan promosi
7. Memanfaatkan tenaga S2 untuk membuat strategi pengajaran yang lebih efektik dan berhasil guna
8. Menjadikan suasana yang asri dan nyaman sebagai tempat pembelajaran alam STRATEGI W – O
1. Memanfaatkan alumni dengan lebih efektif, dalam membantu pemasaran sekolah
2. Mem blow up MAN Cipasung sebagai SSN, sekolah bilingual dan ke depan sekolah Internasional sebagai bagian promosi sekolah
3. Memberikan informasi-informasi belajar efektif, beasiswa di universitas, peluang pekerjaan sebagai bentuk pelayanan paripurna kepada siswa
4. Membuat rencana promosi yang berkelanjutan lewat media Kementrian Agama, perguruan tinggi
5. Membuat promosi bekerjasama dengan sponsor
6. Membuat standar kerja yang yang difasilitasi departemen
7. Membuat ukuran-ukuran standar kinerja untuk fasilitas, proses kerja, dan aktivitas yang mendukung terciptanya kepuasan pelanggan, lewat bantuan pihak diknas maupun perguruan tinggi
ANCAMAN ( T )
1. Banyaknya sekolah negeri dan swasta yang dibangun di Tangerang
2. Keinginan Konsumen yang terus meningkat pada sarana dan mutu pendidikan
3. Posisi tawar menawar yang semakin meningkat dari pesaing
4. Semakin tingginya standar kelulusan siswa yang ditentukan pemerintah
5. Kebijakan kurikulum yang selalu berubah-ubah
STRATEGI S – T
1. Memblow up segala keunggulan yang dimiliki oleh MAN Cipasung
2. Perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran yang terus dilakukan
3. Menjadikan keunggulan dari pesaing untuk dijadikan bahan pengembangan pendidikan dan pengajaran di MAN Cipasung
4. Persiapan yang lebih awal dan terencana untuk menghadapi ujian nasional.
5. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan pendidikan dan pengajaran atas pelaksanaan kurikulum yang ditetapkan pemerintah STRATEGI W – T
1. Membentuk bagian pemasaran, serta membuat program kerja yang lebih teratur dan terencana
2. Menjadikan keunggulan pesaing, justru kelemahannya, karena kita sudah selangkah lebih maju
3. Melakukan pelatihan bagi guru dan karyawan untuk mengikuti perkembangan kurikulum dan melaksanakannya
4. Memberikan kemudahan-kemudahan saat mendaftar ke MAN Cipasung, seperti pemberian voucer
4. Identifikasi Isu Strategis pada MAN Cipasung
Dalam rangka meningkatkan mutu Madrasah untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan , maka perlu adanya identifikasi strategi, yaitu :
a. Sistem penerimaan peserta didik baru dengan selektif
b. Meningkatan Mutu dan Kwalitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan
c. Studi Banding dengan sekolah Unggulan
d. Treatmen menuju sukses UAN
e. Peningkatan fasilitas pembelajaran
f. Kerja sama dengan Perguruan Tinggi pilihan
g. Mengadakan Program Beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi
h. Mengembangkan keunggulan Lokal meliputi ketrampilan dan potensi alamnya
i. Mengadakan Pelatihan khusus bagi peserta didik yang mempunyai potensi dan keahlian di bidang Seni dan Olahraga
5. Isu Sentral pada MAN Cipasung
Dari beberapa isu strategis pada MAN Cipasung di atas, maka dapat ditentukan sebagai isu sentralnya adalah “Sistem Pengelolaan Sekolah”. Hal ini dianggap penting sehubungan sudah menurunnya komunikasi antara atasan dan bawahan yang dampaknya ada ketidak puasan dari bawahan, ketidak puasan pelajar, sistem administrasi yang kurang baik dan juga etos kerja yang kurang bertanggung jawab. Hal ini tentunya berdampak terhadap hasil perkembangan kwalitas mutu pendidikan.
7. Pengembangan Program Perbaikan Mutu
Diagram di atas mememberikan gambaran bahwa seluruh upaya untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di Sekolah/Madrasah mengarah pada keberhasilan siswa meraih prestasi. Dalam mewujudkan satu prestasi yang tinggi diperlukan input dan proses yang tejamin mutunya pada tiap komponen standar. Diagram pun memberi pelajaran bahwa penerapan standar dengan cara memperbaiki mutu pada tiap komponen pendukung sistem yang dikembangkan dengan dukungan perencanaan yang baik.
Ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai titik sentral pemikiran dalam pengelolaan sistim pendidikan kita kedepan, yaitu:
1. Analisis posisi dan lingkungan melalu pendekatan terpadu, merupakan satu diantara banyak alternatif yang bisa diimplementasikan berkaitan dengan pengelolaan sistem pendidikan nasional, termasuk mempertimbangkan “stake-holder” baik yang berada dalam sistem maupun di luar sistem.
2. Pengelolaan sistem pendidikan nasional hendaknya mempertimbangkan potensi kekuatan dan kelemahan, peluang serta tantangan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, mengingat kondisi geografis dan sosial bangsa indonesia yang multikultural.
3. Pengembangan rencana strategis, merupakan wujud dari kehausan kalangan analis dan kalangan perencanaan terhadap etos kerja sistem yang demokratis dan transfaran, sehingga memerlukan kajian yang mendalam dan komprehensif berkaitan dengan proyeksi, kualitas, dan efektivitas mutu pendidikan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Posts
-
STR E NGT H (KEKUATAN) A. Kelembagaan § Memiliki Legalitas Formal diantaranya Akta Notaris dan Ijin Op e rasional dari ...
-
Text 1 After her husband had gone to work, Mrs. Richard sent her children to school and went upstairs to her bedroom. She was too excited to...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Salah satu persoalan pendidikan yang sedang dihadapi bangsa kita adalah persoalan mutu pendidikan ...
-
Pendekatan Berbasis Teks (A text-based Approach) Implementasi Pendekatan Berbasis Teks (A text-based Approach) Dalam Pengajaran Jenis-jenis...
-
KONSEP DASAR SISTEM PEMBELAJARAN 1. Pengertian Sistem Sistem merupakan satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan un...
-
SAKSIKANLAH ALLAH DALAM SEGALA SESUATU انما يستوحش العباد والزهاد من كل شيء لغيبتهم عن الله في كل شيء فلو شهدوه في كل شيء لم يستوحشوا من ش...
-
CONTOH SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS (SPMT) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS (SPMT) Yang bertanda tangan di bawah ini, ...
-
EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN MAKALAH Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan da...
-
STUDI TENTANG PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA DALAM PENINGKATAN MUTUSTUDI TENTANG PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA DALAM PENINGKATAN MUTU Disusun Untuk Me...
Time Now
Mengenai Saya
Arsip
-
▼
2014
(156)
-
▼
Desember
(138)
- contoh jurnal
- permen nomor 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan k...
- contoh proposal tesis kepala sekolah dan motivasi ...
- juknis pendirian madrasah
- pesantren
- beasiswa s2
- bantuan pendidikan
- contoh makalah
- contoh proposal kepmimpinan mbs terbaru
- contoh renstra
- filsafat
- juklak bos
- pengertian recount tex
- contoh recount text
- pengertian hortatory exposition text dan contoh
- penjelasan dan contoh analytical exposition
- contoh penjelas tentang descriptive text
- contoh abstrak
- contoh makalah mutu pendidikan
- contoh sk
- belajar bahasa arab
- Types Of Text (Jenis Teks Bahasa Inggris)
- kurikulum 2013 di hentikan
- kepegawaian pangandaran
- tugas prof akhdon
- tugas kepemimpinan
- contoh makalah
- tugas prof toto
- TUGAS DR ENAS
- TUGAS DR ENAS
- peran kepemimpinan
- contoh tesis
- bagamana berfikir kritis
- uts prof suherli
- uas prof udin
- uas manajemen strategik dalam pendidikan
- contoh soal bahasa inggris
- genre
- contoh kekuatan
- juknis bantuan
- CONTOH SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS (SPMT)
- contoh surat pernyataa menduduki jabatan
- contoh soal uas sma kelas x
- contoh soal bahasa inggris kelas x
- bagaimana pola rekruitmen kepala sekolah
- Noun Phrases
- bagaimana rosul mendidika anaknya
- contoh surat kehilangan
- zakat
- emis
- pengertian simple past tense
- relative pronoun
- pendekatan gba
- artikulasi
- kwitansi bora
- mbs
- konsep dasar inovasi
- kompensasi
- ciri-ciri orang jujur
- kkg
- juknis bantuan
- inovasi pendidikan
- instrumen monitoring
- info kemenag hindari korupsi
- Giving, accepting and refusing invitation expression
- sdm
- Tingkatkan Pemahaman Konstitusi di Pesantren, Keme...
- Expression Of Surprise
- expressing
- implementasi rpp
- emaslim
- definisi rekrutmen
- definisi inovasi
- makalah sdm pendidikan
- perran tik dalam pendidikan
- makalah tik
- contoh pidato bahasa inggris
- conditional sentence
- cara membuat cv
- inovasi pendidikan
- igra
- angket wawancara tesis
- metode pelitian tesis
- Penelitian Manajemen Keuangan Pendidikan Terhadap ...
- Bagaimana membuat diri Anda Bahagia?
- Apakah kepemimpinan itu?
- pernikahan
- analisis swot
- analisis swot
- ANALISA SWOT MANAJEMEN STRATEGIS Oleh : Dr. Ena...
- analisis swot
- analisis swot
- renungan
- PENGGUNAAN TIK DALAM MANAJEMEN SDM PENDIDIKAN Pro...
- inovasi
- inovasi pendidikan Dr. H. KUSNANDI, Drs., MM., M.Pd.
- sekolah efektif
- analis renstra
- makalah prof udin s
- teori belajar prof toto
-
▼
Desember
(138)
0 komentar:
Posting Komentar