Senin, 01 Desember 2014

makalah sdm pendidikan

MAKALAH REVISI PENEMPATAN DAN INDUKSI SDM PENDIDIKAN Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Dosen : Prof. Udin S Saud, P. Hd. Oleh: Anwar Hayat (NIM 82321213071) Diana Arianti Suherman (NIM 82321213071) Rini Winarti (NIM 823212130864 Sri Rahayu (NIM 82321213088) PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS 2013 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah swt. karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis telah mampu menyelesaikan makalah berjudul “Penempatan dan Induksi SDM Pendidikan”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manuisa dalam Pendidikan. Tujuan pendidikan seperti yang diamanatkan oleh UUD 1945 harus dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam proses pencarian SDM yang berkualitas ini tentu saja diperlukan proses rekrutmen dan seleksi yang berkualitas juga. Setelah melalui kedua proses ini, proses selanjutnya adalah penempatan dan induksi (orientasi pegawai) atau yang lebih dikenal dengan PIGP (Program Induksi Guru Pemula). PIGP diperlukan sebagai upaya memperkenalkan lingkungan kerja baru kepada guru pemula, sehingga guru pemula ini mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dan dapat menjadi guru yang professional. Penulis menyadari bahwa selama penulisan makalah ini penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan terima kasih 1. Bapak Prof. Udin S Saud, P.Hd. selaku dosen mata kuliah. 2. rekan-rekan seangkatan yang sama sama berusaha untuk menyelesaikan makalah ini tepat waktu. 3. semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu. Semoga Allah memberi balasan yang berlipat ganda. Makalah ini tentu tidak sempurna, baik dari hal isi maupun sistematika penulisan. Oleh sebab itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun. Akhirnya semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. miin. Tasikmalaya, 25 Mei 2013 Salam Hormat, Penulis. DAFTAR ISI Halaman Kata Pengantar i Daftar Isi iii Bab I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang 1 1.2 Rumusan Masalah 2 1.3 Tujuan Makalah 3 1.4 Metode Pengumpulan data 3 BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Penempatan 4 2.2. Pengertaian Induksi 7 2.3 Program Induksi Guru Pemula 8 2.4 Permasalahan PIGP yang dihadapi dalam praktek di tingkat sekolah dan alternatif pemecahan masalah 20 BAB III PENUTUP 3.1 Simpulan 23 3.2 Saran. 24 DAFTAR PUSTAKA 25 DAFTAR PUSTAKA Akdon. (2002). Identifikasi factor- Faktorkemampuan Manajerial yang Diperlukan dalam Implementasi School Based Manegement (SBM) dan Implikasinya terhadap Program Pembinaan Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Robbin, Stephen P. (1998). Prilaku Organisasi. Jakarta : Prenhallindo. Suderadjat, Hari. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK. Bandung : Cipta Lekas Grafika. Suharsaputra, Uhar. (2010). Pengembangan Kinerja Guru. [Online] Tersedia : http//www.uharsputra.wordpress.com.

0 komentar:

Posting Komentar

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.

Popular Posts