Senin, 01 Desember 2014

soal uts

JAWABAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER MATA KULIAH ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN 1. Arti Organisasi secara etimologis  Organ : Tubuh atau alat tubuh yang berfungsi tertentu , alat perkumpulan, alat musik.  Organisasi :Tubuh atau alat tubuh, aturan, susunan, perkumpulan dari kelompok orang tertentu dengan dasar ideologi yang sama. Arti Organisasi secara Terminologis Organisasi adalah kesatuan ( Entity ) sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 2. A. Arti teori Organisasi  Teori Organisasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan desain organisasi. Teori organisasi menunjuk aspek-aspek desk riptif maupun preskriptip dari disiplin tersebut.  Teori organisasi menjelaskan bagaimana organisasi sebenarnya distruktur dan menawarkan tentang bagaimana organisasi dan menawarkan tentang bagaimana organisasi dapat dikonstruksi guna meningkatkan keefektipan mereka. B. Perilaku Organisasi ( PO ) Prilaku Organisasi ( PO ) mengambil pandangan mikro, topik-topik mengenai perilaku individu yang secara khas dipelajari dalam perilaku organisasi adalah persepsi, nilai-nilai, pengetahuan, motivasi, serta kepribadian, termasuk di dalamnya mengenai kelompok adalah peran status kepemimpinan, kekuasaan, komunikasi dan komplek. Dalam PO, komplik sebagai masalah “ Manusia “, konplik antar pribadi dan antar kelompok, yang berasal dari perbedaan kepribadian dan komunikasi termasuk masalah antar unit ( menurut teoritikus organisasi ). Perbedaan antara teori organisasi dan prilaku organisasi : a. Teori Organisasi ( TO )  Mengambil pandangan makro yang meliputi unit-unit , analisisnya adalah organisasi itu sendiri dan sub-sub utamanya dengan fokus prilaku dari organisasi dan definisi yang lebih luas tentang keefektipan organisasi serta kemampuan organisasi secara keseluruhan. b. Perilaku Organisasi  Mengambil pandangan mikro yang lebih memfokuskan kepada individu-individu dan kelompok-kelompok kecil dengan titik tumpu kepada perilaku dari organisasi, perangkat prestasi, variabel-variabel yang sempit dari para pegawai dan kepuasan kerja adalah yang banyak diperhatikan. 3. Alasan logis kenapa kita perlu mempelajari teori organisasi, adalah karena dengan mempelajari teori organisasi kita dapat mengetahui tentang :  Mengetahui bahwa dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi  Dimanapun kita bersentuhan dan berhubungan dengan organisasi  Organisasi adalah bentuk dominan dalam masyarakat  Organisasi meresap kedalam semua asfek kehidupan manusia dan masyarakat. 4. A. Arti Kiasan Biologis ilmu yang mempelajari kehidupan mahluk hiidup, termasuk jenis kebutuhan batin dalam mengembangkan keturunan ( Regenerasi ). Arti kiasan Biologis bisa dilihat dari : > Perspektif sistem > Perspektif Daur Hidup B. Teori Daur Hidup Organisasi Bagi Organisasi yang tidak diidentikkan dengan produk , dapat digunakan model 5 tahap 1. Tahapan kewirausahaan ( Entepreneurial ) tahapan pembentukan ( Formation Stage ) 2. Tahapan kebersamaan ( Collectivity )suatu inovasi dari tahap sebelumnya. 3. Tahap formalisasi dan kontral ( Formaliization and Contral )struktur menjadi mantap 4. Tahap perluasan struktur ( elaboration of strukture )sebagai tahapan deversifikasi produk atau jasanya. 5. Tahap kemunduran ( decline ) . Hal ini bisa terjadi akibat persaingan pasar mengecil, atau kekuatan yang sama. Biasa gerakan manajemen dalam situasi ini menggunakan SWOT sistem dalam upaya keluar dari masalah 5. A. Hal-hal yang saya ketahui di dalam organisasi, menjelaskan tentang :  Apa sebenarnya organisasi pendidikan? maksudnya penyelenggaraan pendidikan dalam sebuah organisasi menunjukkan bahwa keberadaan organisasi pendidikan tersebut ditujukan untuk mencapai tujuan pendidikan secara lebih efektif dan efisien. Tujuan pendidikan dan tujuan sekolah sebagai organisasi pendidikan formal tidak terpisahkan. Pendidikan ditujukan bagi orang-orang yang mengikuti proses pendidikan . Dan proses pendidikan ini berada dalam organisasi. Dengan demikian keberlangsungan proses pendidikan ini menjadi dasar bagi penetapan tujuan sekolah ( sebagai sebuah organisasi) >Mengapa harus ada organisasi ? Sebab keberadaan manusia pada saat ini tidak memungkinkan berada diluar organisasi. Dalam konteks nasional , hampir seluruh manusia di dunia ini merupakan warga dari suatu Negara. Dan suatu Negara memiliki sistem pendidikantersendiri. Artinya setiap orang yang menjadi warga suatu Negara dan tinggal di Negara tersebut akan menjadi bagian dari Pendidikan Negara tersebut. Di Indonesia , setiap lembaga pendidikan harus mengikuti Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. > Asfek-asfek Organisasi adalah komponen-komponen yang harus ada dalam suatu organisasi. Keberadaan komponen ini sebagai pilar dari suatu organisasi. Artinya jika suatu komponen organisasi tidak berfungsi, maka organisasi akan berjalan pincangatau sama sekali tidak berjalan. Dalam pandangan sistem organisasi mengalami entrophy, yaitu kondisi dimana organisasi dikatagorikan hancur (dalam tanaman digambarkan dalam kondisi layu). .O’Connor T.(http:www.apsu.edu/oconnot/4000/4000lect01,htm). Mengungkapkan bahwa organisasi setidaknya harus memiliki empat komponen utama , yaitu : Mission(missi), goals(tujuan-tujuan), objectives(sasaran-sasaran), dan behavior (perilaku).  Jenis-jenis Organisasi : a. Organisasi formal b. Organisasi Informal  Dimensi Struktur Organisasi : Kompleksitas, yaitu tingkat perbedaan(deferiansi)yang ada dalam sebuah organisasi(Robbins, 1994:91). Diferensiasi dapat dilihat secara horizontal, vertikal, dan spasial. 5.b. Buku Manajemen Pendidikan 5.c. Karangan :Tim Dosen Adm. Pendidikan UPI Khusus mengenai “ Organisasi Pendidikan “ oleh Drs.H. Darman Hermawan, M.Pd dan Cepi Triatna, M.Pd. 6. Makna dari istilah Birokrasi adalah susunan kepegawaian yang tidak praktis dan tidak efektif.  Prasangka orang awam tentang Birokrasi adalah sebuah sistem yang ada didalam pe merintahan. Yang dijalankan tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.  Tiori Birokrasi Organisasi yang birokratik menurut Max Weber secara kodratnya adalah yang paling efesien . Menurut nya karakteristik birokratik adalah : 1. Pembagian kerja yang jelas 2. Hierarki wewenang dirumuskan secara baik 3. Program rasional dalam pencapaian tujuan organisasi 4. Sistem prosedur bagi penangan situasi kerja 5. Sistem aturan yang mencakup hak-hak dan kewajiban posisi para pemegang jabatan 6. Hubungan antar pribadi yang bersifat “Impersonal”.

0 komentar:

Posting Komentar

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.

Popular Posts