Senin, 01 Desember 2014

jawaban uts

LEMBAR JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER 2 TAHUN AKADEMIK 2010/2011 Mata Kuliah : Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan Dosen : Prof. Dr . H. Endang Sumantri, M.Ed. 1. a. Arti kata organisasi secara etimologis Organisasi adalah tubuh atau alat tubuh, aturan, sususnan, perkumpulan dari kelompok orang tertentu dengan dasar ideologi yang sama. b. Arti kata organisasi secara terminologis Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasikan, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan 2. a. Arti Teori Organisasi • Teori organisasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan desain organisasi. Teori organisasi menunjuk aspek-aspek deskriptif maupun preskriptif dari disiplin ilmu tersebut. • Teori organisasi menjelaskan bagaimana organisasi sebenarnya distruktur dan menawarkan tentang bagaimana organisasi dapat dikonstruksi guna meningkatkan keefektifan mereka. b. Arti Perilaku Organisasi • Perilaku organisasi mengambil pandangan mikro, topik-topik mengenai perilaku individu yang secara khas dipelajari dalam perilaku organisasi adalah persepsi, nilai-nilai, pengetahuan, motivasi, serta kepribadian, termasuk didalamnya mengenal kelompok adalah peran status kepemimpinan, kekuasaan, komunikasi dan konflik. Dalam perilaku organisasi konflik sebagai masalah manusia, konflik antar pribadi dan antar kelompok, yang berasal dari perbedaan kepribadian dan komunikasi yang lemah termasuk masalah antar unit. c. Perbedaan Teori Organisasi dan Perilaku Organisasi Teori Organisasi Perilaku Organisasi • Mengambil pandangan makro yang meliputi unit-unit analisisnya adalah organisasi itu sendiri dan sub-sub utamanya dengan fokus perilaku dari organisasi dan definisi yang lebih luas tentang keefektifan organisasi serta kemampuan organisasi secara keseluruhan. Mengambil pandangan mikro yang lebih memfokuskan kepada individu-individu dan kelompok-kelompok kecil dengan titik tumpu kepada perilaku dari organisasi, perangkat prestasi, variabel sikap yang sempit dari para pegawai dan kepuasan kerja adalah yang banyak diperhatikan. Jadi teori organisasi dan perilaku organisasi memberi penekanan yang berbeda tentang analisis konflik dalam organisasi. 3. Alasan-alasan logis mengapa kita perlu untuk mempelajari teori organisasi adalah : • Manusia sebagai mahluk sosial dan bermasyarakat, maka dalam kehidupannya tidak mungkin lepas dari organisasi • Dimanapun kita akan bersentuhan dan berhubungan dengan organisasi • Organisasi adalah bentuk perkumpulan yang paling dominan di masyarakat • Organisasi meresap ke dalam semua aspek kehidupan manusia dan masyarakat secara menyeluruh 4. Maksud istilah dari kata kiasan Daur Hidup dalam hal memahami teori organisasi adalah organisasi yang tidak diidentikan dengan produk dan dapat digunakan model lima tahap : a. Tahap kewirausahaan (entepreneurial) atau tahap pembentukan (formation stage) b. Tahap kebersamaan (collectivity) suatu inovasi dari tahap sebelumnya c. Tahap formalisasi (formalization stage) stuktur menjadi mantap d. Tahap perluasan struktur (elaboration of structure) sebagai tahapan deversifikasi produk atau jasanya e. Tahap kemunduran (decline). Hal ini bisa terjadi akibat persaingan pasar mengecil atau kekuatan yang sama. Biasa gerakan manajemen dalam situasi ini menggunakan swot sistem dalam upaya keluar dari masalah. 5. Hal-hal yang saya ketahui tentang bagian dari mempelajari teori organisasi adalah : a. Arti teori Teori dalam analisis keilmuan b. Arti organisasi Arti etimologis Arti termonologis c. Arti teori organisasi Struktur organisasi Desain organisasi Perilaku organisasi d. Mengapa penting mempelajari teori organisasi Kiasan biologis • Perspektif sistem • Perspektif daur hidup Buku Sumber : Kamus, Ensiklopedi, Filsafat Ilmu, Teori Organisasi Karangan : Stepher Pulau Robbins, Tyson,Gibons, Ivancevich, Donnelly. 6. Makna dari teori organiasasi birokrasi adalah ”Sebagai struktur hubungan kekuasaan, tujuan, peranan, kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terjadi bila orang bekerja sama. Hal ini sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi”. Asumsi orang awam tentang organisasi adalah suatu kesatuan yang dibuat dengan sengaja, rasional dan mencari tujuan yang hendak dicapai. Pencapaian tujuan yang berhasil akan menjadi sebuah ukuran yang tepat tentang keefektifan suatu organisasi. Asumsi lain yang harus diperhatikan bahwa : • Organisasi harus mempunyai tujuan akhir • Tujuan harus diidentifikasikan dan dititipkan dengan baik agar dapat dimengerti • Tujuan tak perlu banyak, sedikit tapi jelas dan tegas juga spesifik • Harus merupakan kesepakatan umum • Tujuan-tujuan itu harus dapat diukur. Organisasi yang birokratik menurut Max Weber secara kodratnya adalah yang paling efisien. Menurut beliau karakteristik birokratik adalah : a. Pembagian kerja yang jelas b. Hierarki wewenang dirumuskan secara baik c. Program rasional dalam pencapaian tujuan organisasi d. Sistem prosedur bagi penanganan situasi kerja e. Sistem aturan yang mencakup hak-hak dan kewajiban posisi para pemegang jabatan f. Hubungan antar pribadi yang bersifat ”impersonal”

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts